Jumat, 30 Mei 2014

materi presentasi PKN modul 12 Kelompok 6



Modul 12
Penilaian dalam pendidikan kewarganegaraan sd
                Modul ini merupakan muara dari kemampuan yang dituntut seorang guru, setelah yang bersangkutan menguasai berbagai kompetensi yang berkaitan dengan substansi materi Pkn dan pengembangan metode, media, dan sumber belajar. Setelah selesai mempelajari model ini secara umum diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan menerapkan prosedur dan alat penilaian dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan secara khusus kemampuan yang diharapkan muncul adalah :
1.       Kemampuan menjelaskan konsep dan prinsip penilaian Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI;
2.       Merumuskan berbagai alat penilaian dalam Pkn SD/MI;
3.       Memilih model – model alat penilaian Pkn SD/MI;
4.       Mencobakan penggunaan model alat penilaian Pkn SD/MI berbasis portofolio

KONSEP DAN PRINSIP PENILAIAN PKN SD/MI
Penialaian merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara seksama untuk mengumpulkan berbagai data sebagai bahan informasi bagi guru dalam pengambilan keputusantentang diri siswa yang bersangkutan. Ada 3 hal yang saling berkaitan dalam kegiatan penilaian, yaitu penilaian, pengukuran, dan tes. Ketiga istilah itu sering disalahartikan sehingga tidak jelas makna dan kedudukannya. Secara prinsip penilaian dalam mata pelajaran Pkn lebih menekankan pada aspek afektif.
BERBAGAI ALAT PENILAIAN DALAM PKN SD/MI
Secara umum, cara-cara mengumpulkan data yang dianggap sahih adalah melalui teknis tes atau teknik bukan tes. Teknik tes bisa berupa tes tulisan, tes lisan, atau tes perbuatan. Adapun teknik bukan tes bisa berupa wawancara, pengamatan, studi kasus, atau inventori.
Secara umum penilaian kelas bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap pencapaian belajar siswa serta memperbaiki program dan kegiatan pembelajaran. Secara terperinci tujuan penilaian kelas adalah untuk memberikan
1.       Informasi tentang kemajuan hasil belajar siswa secara individual dalam mencapai tujuan belajar sesuai dengan kegiatan belajar yang dilakukannya ;
2.       Informasi yang dapat digunakan untuk membina kegiatan belajar lebih lanjut, baik terhadap masing-masing siswa maupun terhadap siswa seluruh kelas ;
3.       Informasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, menetapkan tingkat kesulitan / kemudahan untuk melaksanakan kegiatan remedial, pendalaman atau pengayaan ;
4.       Motivasi belajar siswa dengan cara memberikan informasi tentang kemajuannya dan merangsangnya untuk melakukan usaha pemantapan atau perbaikan ;
5.       Informasi semua aspek kemajuan setiap siswa dan pada gilirannya guru dapat membantu pertumbuhannya secara efektif untuk menjadi anggota masyarakat dan pribadi yang utuh ;
6.       Bimbingan yang tepat untuk memilih sekolah atau jabatan yang sesuai dengan keterampilan, minat, dan kemampuannya.

Secara umum prinsip-prinsip penilaian kelas adalah sebagai berikut :
1.       Valid
2.       Mendidik
3.       Berorientasi pada kompetensi
4.       Adil dan objektif
5.       Terbuka
6.       Berkesinambungan
7.       Menyeluruh
8.       Bermakna
Beberapa bentuk penilaian yaitu :
1.       Tes tertulis
2.       Tes perbuatan
3.       Tes lisan
4.       Penilaian non tes
Beberapa teknik dan alat non tes yaitu :
1.       Observasi
2.       Kuisioner
3.       Wawancara
4.       Daftar cek
5.       Skala pilihan
6.       Studi kasus
7.       Portofolio
MODEL-MODEL ALAT PENILAIAN PKN SD/MI
A.      Pengembalian Alat Penilaian Kelas dalam Pkn
Langkah-langkahnya :
1.       Menyusun spesifikasi tes
2.       Menulis soal tes
3.       Menelaah soal tes
4.       Melakukan uji coba tes
5.       Menganalisis butir soal
6.       Memperbaiki soal tes
7.       Merakit soal
8.       Melaksanakan tes
9.       Menganalisis hasil tes

B.       Model-Model Alat Penilaian Pkn SD/MI :
1.       Model penilaian perbuatan
2.       Model penilaian skala sikap
3.       Model penilaian daftar cek

C.      Model Penilaian Catatan Anekdot
D.      Model Penilaian Daftar Cocok
E.       Model Penilaian Skala Bertingkat (Numerial Rating Scale)
F.       Model Penilaian Sosiometri
G.     Model Penilaian Pedoman Wawancara (Intervio)
H.      Model Penilaian Daftar Baik Buruk
I.        Model Penilaian Daftar Tingkat Urutan
PENGGUNAAN MODEL ALAT PENILAIAN PKN SD/MI BERBASIS PORTOFOLIO
Portofolio berasal dari Bahasa Inggris portofolio yang berarti kumpulan hasil karya siswa yang menyajikan kemajuan, pencapaian, dan prestasi masing-masing siswa yang mencakup partisipasi siswa dalam memilih muatan portofolio, kriteria seleksi, kriteria penilaian, dan fakta-fakta yang menggambarkan diri para siswa. Konteks assesment berkenaan dengan portofolio meliputi :
1.       Tujuan (dokumen peningkatan kemajuan peserta didik selama satu kurun waktu tertentu), adalah sebagai berikut :
a.       Hakikat hasil belajar
b.      Fokus bukti
c.       Rentang waktu
d.      Hakikat bukti

2.        Peran penilaian dalam pembelajaran portofolio adalah sebagai berikut :
a.       Pemantapan kembali penanaman nilai
b.      Penilaian jati diri
c.       Penilaian formal
d.      Momentum dan media

3.       Tujuan penilaian portofolio di kelas yaitu :
a.       Menghargai perkembangan yang terjadi pada diri siswa
b.      Menghargai prestasi terbaik yang ditunjukkan siswa
c.       Mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangung
d.      Merefleksikan kesanggupan mengambil resiko dan melakukan eksperimental
e.      Meningkatkan efektivitas proses pengajaran
f.        Bertukar informasi dengan orang tua / wali siswa dan guru lain
g.       Membina dan mempercepat pertumbuhan konsep dari positif pada siswa
h.      Meningkatkan kemampuan melakukan refleksi diri
i.         Membantu siswa dalam merumuskan tujuan

4.       Prinsip penilaian portofolio
Menurut Sumarna dan Muhammad Hatta (2004:71), yaitu sebagai berikut :
a.       Saling percaya
b.      Kerahasiaan bersama
c.       Milik bersama
d.      Kepuasan
e.      Kesesuaian
f.        Proses dan hasil

5.       Karakteristik penilaian
Menurut Sumarna dan Muhammad Hatta (2004:71), yaitu sebagai berikut :
a.       Multi sumber
b.      Authentic
c.       Dinamis
d.      Eksplisit
e.      Integrasi
f.        Kepemilikan
g.       Beragam tujuan
Portofolio dalam fungsinya sebagai alat penilaian mempunyai kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihan dan kelemahannya dapat dipaparkan sebagai berikut :
1.       Kelebihan
a.       Memungkinkan pendidik mengakses kemampuan peserta didik untuk membuat, menulis, menghasilkan berbagai tipe tugas akademik
b.      Memungkinkan pendidik menilai keterampilan / kecakapan peserta didik
c.       Mendorong kolaborasi antara peserta didik dengan pendidik, antar peserta didik
d.      Memungkinkan pendidik mengintervensi proses dan menentukan dimana pendidik tersebut perlu membantu
e.      Mampu merefleksikan perubahan penting dalam proses kemmpuan intelektual siswa dari waktu ke waktu
f.        Menunjukkan prestasi akademik dan memotret kempetensi siswa

2.       Kelemahan
a.       Memerlukan waktu relatif lama
b.      Pendidik harus tekun, sabar, dan terampil
c.       Tidak ada kriteria standar

Untuk melaksanakan  penilaian atau assesment portofolio pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah sebagai berikut :
1.       Hargai kepemilikan siswa terhadap hasil karyanya
2.       Peserta didik dan pendidik berkolabiarasi dalam konteks kelas yang mendukung minat peserta didik
3.       Undanglah orangtua untuk terlibat dalam proses portofolio
4.       Upayakan ada kegiatan diskusi
5.       Diskusikan unsur-unsur lain yang mungkin ditampilkan dari karya mereka
6.       Hendaknya peserta didik dibantu dalam memamerkan hasil karyanya
7.       Meminta alasan peserta didik mengapa memilih hasil karya tertentu untuk dipamerkan
8.       Memperbarui portofolio secara berkala
TUGAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
MODUL 12
PENILAIAN DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD



Description: H:\BlackBerry\pictures\biaya+kuliah+universitas+terbuka.jpg




Disusun oleh         :

1.      Drajad Sri Kardoyo
2.      Iin Indriani K.
3.      Yuni Lestari
4.      Eni Nurhayati
5.      Listyorini

Dosen Pengampu : Rahmat Sudrajat,S.Pd,M.Pd




UNIVERSITAS TERBUKA
KOTA SEMARANG
2014