1.
Piaget membagi perkembangan
mental anak menjadi empat tahapan. Tahapan dimana anak telah dapat melakukan
konservasi logika tentang kelas dikenal ....
A. Sensori motor
B. Pre-Operasional
C. Konkret Operasional
D. Formal Operasional
2.
Pembelajaran IPA dengan
bahasan udara yang bergerak mempunyai tekanan yang lebih rendah daripada udara
diam diberikan alat peraga dua bola pimpong, benang, dan kayu. Dengan
menggunakan pendekatan teori piaget, pembelajaran tersebut tepat diberikan pada
anak pada tahap ....
A. Sensori motorik
B. Pre-Operasional
C. Konkret Operasional
D. Formal Operasional
3.
Taksonomi hasil belajar
menurut Gagne diantaranya diperolehnya keterampilan intelektual siswa. Contoh
keterampilan intelektual siswa dapat diketahui melalui ....
A. Penjelasan guru tentang
fakta dan konsep
B. Pertanyaan guru tentang
bagaimana membedakan atau bagaimana mendefinisikan suatu konsep
C. Pertanyaan tentang nama
penemu
D. Penejelasan tentang
generalisasi suatu konsep
4.
Keterampilan intelektual
dapat dijelaskan sebagai keterampilan diskriminasi konsep konkret, konsep
terdefinisim, dan aturan keterampilan diskriminasi suatu konsep dapat
dicontohkan sebagai berikut:
A. Membedakan antara
lingkungan bersih dan tercemar
B. Menunjukkan benda
terapung, melayang dan tenggelam
C. Memberikan definisi
tentang bunga lengkap
D. Memberikan demonstrasi
tentang udara mempunyai berat
5.
Dalam pembelajaran IPA di
Sekolah Dasar dengan topik bahasan udara bergerak mempunyai tekanan, memulai
pembelajaran dengan memberi pertanyaan tentang udara dan fungsinya untuk
mengetahui pemahaman awal siswa. Menurut Ausubel, yang dilakukan guru tersebut
menggunakan prinsip ....
A. Diferensiasi progresif
B. Diferensiasi integratif
C. Rekonsiliasi progresif
D. Rekonsiliasi integratif
6.
Pendekatan pembelaran IPA
yang memerlukan obyek konkrit eksplorasi, mendapatkan fakta untuk memahami
sesuatu disebut dengan pendekatan ....
A. Faktual
B. Keterampilan proses
C. Konseptual
D. Lingkungan
7.
Hasil belajar siswa dalam
pembelajaran dengan pendekatan konsep dapat dilihat berdasarkan ....
A. ketercapaian kompetensi
dasar yang telah dirumuskan
B. ketercapaian dalam
pemeilihan metoda pembelajaran
C. ketercapaian
penyelesaian tugas yang diberikan
D. Kesesuaian antara
kompetensi dasar dengan topik bahasan yang disajikan
8.
Pembelajaran IPA tentang
air mempunyai berat ditunjukkan oleh kegiatan percobaan mengukur berat air pada
volume : 1 liter, 2 liter, 3 liter, 4 liter dan 5 liter. Pernyatan yang benar
untuk variabel bebas adalah ....
A. berat air
B. volume air yang berbeda-beda merupakan variabel bebas
C. perbedaan berat air merupakan variabel bebas
D. volume air di akhir percobaan
9.
Siswa mampu mengelompokkan
objek-objek atau menginformasikan berdasarkan karakteristik yang dimilikinya
dengan mengacu pada metode tertentu. keterampilan yang dimiliki siswa tersebut
tergolong keterampilan ....
A. Mengobservasi
B. Mengklasifikasi
C. Membedakan
D. Menjelaskan
10.
Dalam pembelajaran IPA di
SD tentang perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkat alat dan bahan seperti,
bak, thermometer, pemanas air, dan es. Setelah siswa selsai melakukan
percobaan, siswa diminta untuk menjelaskan hasil temuannya. Keterampilan yang
diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut adalah ....
A. Memprediksi
B. Mengobservasi
C. Mengklasifikasi
D. Mengkomunikasi
11.
Di halaman sekolah terdapat
50 tanaman berdaun hijau. Pak guru meminta siswa mengamati bentuk / jenis daun
dari seluruh tanaman yang tumbuh di halaman sekolah. Selain daun, siswa juga
diminta mengamati 5 jenis bunga yang tumbuh pada tanaman tersebut. Ke-50 jenis
daun dari tanaman yang ada di sekolah dapat digolongkan sebagai:
A. Sampel
B. Populasi
C. Survey
D. Variabel
12.
Pada pembelajaran IPA
dengan bahasan "Air menekan ke segala arah dan semakin ke bawah tekanan
semakin besar", menggunakan bahan air dan peralatan ....
A. kaleng yang dilubangi dan plastisin sebagai penutup kubang
B. wadah / gelas dan pasir dan diberi air
C. kaleng berisi air dan dipanaskan
D. wadah / gelas, pengaduk, garam, gula
13.
Pembelajaran terintegrasi
inter disiplin dengan tema Air dan kegunaannya untuk siswa kelas IV dapat
dilakukan melalui tahapan ....
A. mengkaitkan
konsep-konsep sifat air, wujud air, manfaat air bagi makhluk hidup
B. mengkaitkan
konsep-konsep sifat air, fungsi air, jumlah air yang dibutuhkan bagi
masayarakat sekitar / penjernihan air
C. mengkaitkan
konsep-konsep sifat air, jumlah debit air yang mengalir pada sungai, manfaat
air
D. mengkaitkan
konsep-konsep sifat air, wujud air, rumus molekul air dan fungsi air sebagai
penghantar listrik
14.
Pembelajaran terintegrasi
untuk siswa SD kelas tinggi dapat diberikan berdasarkan keterkaitan antar
konsep dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Bahasa Indonesia. Tema yang dipilih pada pembelajaran tersebut
antara lain ....
A. Matahari
B. Pasar
C. Banjir
D. Benda padat, cair, dan gas
15.
Contoh alat evaluasi hasil
belajar kepribadian diantaranya dapat ditunjukkan melalui pernyataan ....
A. Dalam kerja kelompok,
setiap anggota kelompok mendengarkan pendapat anggota kelompoknya
B. Penanaman pohon palem
hendaknya berjarak minimal 3 meter
C. Harus ada pembagian
kerja yang sama untuk setiap anggota kelompok
D. Siswa yang pandai
harus membantu siswa yang lambat dalam bekerja
16.
Langkah-langkah
pembelajaran yang dapat dipilih guru dalam membelajarkan sistem pencernaan
antara lain adalah melakukan kegiatan awal dengan ....
A. menjelaskan susunan alat
pencernaan
B. menanyakan fungsi
alat-alat pencernaan dalam tubuh
C. menerangkan macam-macam
alat pencernaan yang tertera pada alat peraga
D. meminta siswa memakan
biscuit yang diberikan guru, lalu bertanya tentang kemana jalannya makanan
setelah ditelan
17.
Komponen silabus yang
dikembangkan oleh guru yang berisi tentang penjabaran kompetensi yang ingin
diperoleh siswa dia akhir setiap kegiatan pembelajaran tercantum dalam ....
A. Indikator
B. Materi pokok bahasan
C. Kegiatan pembelajaran
D. Kompetensi dasar
18.
Dalam menyusun rancangan
pembelajaran konsep esensial tentang Perpindahan Energi, kegiatan yang
diberikan guru antara lain adalah guru ....
A. mendeskripsikan
perubahan energi listrik menjadi energi lain
B. menyajikan informasi
tentang perpindahan dan perubahan energi listrik secara lengkap
C. menjelaskan cara
perpindahan energi
D. mendemonstrasikan contoh
berbagai cara perpindahan energi listrik
19.
Siswa Kelas III Sekolah
Dasar telah berada pada tahap konkret operasional, pada pembelajaran IPA di
kelas dengan bahasan "Perubahan Wujud Zat" contoh yang dapat
diberikan guru adalah memperlihatkan proses perubahan wujud dari ....
1. cair menjadi padat dengan menggunakan air dan alat pendingin
2. padat menjadi uap dengan menggunakan kapur barus
3. uap menjadi cair dengan menggunakan air dan alat pemanas
20.
Perbedaan pengertian
asimilasi dan akomodasi dalam membangaun pemahaman dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. asimilasi merupakan
proses peningkatan pengetahuan kompleks melalui penggunaan pemahaman sebelumnya
2. akomodasi adalah
perubahan struktur mental awal anak sesuai dengan pengalamannya
3. asimilasi merupakan
penanaman struktur mental yang beradaptasi dengan struktur fisik
21.
Model belajar penemuan
dipandang sebagai suatu belajar yang terjadi apabila siswa tidak diberi konsep
namun melakukan penemuan tentang konsep tersebut. Model belajar tersebut
dimaksudkan agar siswa ....
1. menemukan pengetahuan secara aktif
2. mampu memecahkan masalah
3. mendapatkan pengetahuan yang bermakna
22.
Bruner mengembangkan
pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran penemuan. Contoh model
pembelajaran penemuan bagi siswa SD diantaranya dapat diterangkan melalui
kegiatan siswa ....
1. mengamati perubahan wujud
2. menggambarkan contoh bunga lengkap
3. membuat rancangan aliran listrik searah dan parallel
23.
Pandangan Piaget bila
dikaitkan dengan pandangan Bruner dapat ditunjukkan oleh hal beriku:
1. anak pada tahap sensori
motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2. anak pada tahap
pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3. anak pada tahap
operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
24.
Taksonomi hasil
belajar menurut Gagne diantaranya adalah ....
1. informasi verbal
2. keterampilan-keterampilan intelektual
3. strategi kognitif
25.
Berdasarkan skema disamping
dapat dijelaskan bahwa
1. Hewan menggunakan
oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2. Tumbuhan menggunakan
hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3. Tumbuhan mengeluarkan
oksigen
26.
Dalam pembelajaran IPA di
SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....
1. Inkuiri Ilmiah
2. Bekerja dan bersikap ilmiah
3. Keterampilan berkomunikasi
27.
Pembelajaran IPA tentang
makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan
pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan
guru antara lain:
1. menggunakan lingkungan
sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2. menjelaskan tentang
penyebab sungai tercemar
3. menjelaskan cara
mencintai lingkungan agar bersih dan sehat
28.
Hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi dan Perubahannya
mempunyai kompetensi dasar peserta didik mampu menyimpulkan dari hasilo
percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Pendekatan
yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tersebut antara lain adalah ....
1. mendefinisikan perubahan
energi gerak akibat pengaruh udara
2. melakukan analisis,
sintesis dan evaluasi dalam membuat parasut dari plastik
3. membuat kapal
berbaling-baling dari logam
29.
Metoda diskusi dapat
dipilih guru untuk melengkapi kegiatan percobaan yang telah dilakukan siswa.
Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap individu siswa karena
kelemahan penggunaan metoda diskusi antara lain adalah ....
1. mempertinggi peran serta siswa secara perorangan
2. pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3. siswa yang pandai cenderung aktif berbicara
30.
Pembelajaran IPA dengan
topik terapung, melayang, dan tenggelam untuk siswa kelas III akan lebih tepat
diberikan bila guru menggunakan metoda ....
1. eksperimen
2. diskusi
3. demonstrasi
31.
Pembelajaran IPA dengan
topik bumi berutar pada porosnya dan bumi mengelilingi matahari, dapat
diberikan guru dengan menggunakan metoda ....
1. ceramah dan gambar-gambar
2. simulasi
3. eksperimen
32.
Siswa melakukan
penyelidikan tentang macam-macam bentuk tulang daun, dari sejumlah tanaman yang
tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan proses terintegrasi yang diperoleh
siswa antara lain adalah ....
1. mengobservasi
2. mengukur
3. mengklasifikasi
33.
Guru mengajarkan materi
"Aliran listrik seri dan parallel" melalui percobaan dengan
memberikan seperangkat alat dan Lembar Kerja Siswa Variabel yang terdapat pada
keterampilan proses terintegrasi pada percobaan tersebut diantaranya adalah
....
1. membuat kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2. mengamati hasil percobaan
3. menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
34.
Pernyataan yang benar untuk
rumusan hipotesis adalah ....
1. jika suhu air meningkat,
maka jumlah oksigen yang terlarut di dalamnya akan menurun
2. mengurangi valomeair
akan menyebabkan menurunnya berat air
3. meningkatkan hasil
belajar siswa dilakukan melalui penggunaan variasi media
35.
Prinsip pemilihan
media dalam pembelajaran IPA antara lain adalah ....
1. sesuai dengan tujuan
pembelajaran
2. memberi kesempatan siswa
untuk mempelajari atau berpartisipasi dalam pembelajaran
3. mempertimbangkan
kepraktisan, biaya serta sifat media
36.
Peran alat peraga dalam
pembelajaran IPA dengan pendekatan proses adalah ....
1. membangkitkan
keingintahuan siswa tentang materi yang diajarkan
2. memberikan pembelajaran
yang bermakna bagi siswa karena pembelajaran akan tersimpan lama dalam
ingatannya
3. memberikan pengalaman
nyata kepada siswa sehingga terlatih untuk mandiri dalam bekerja
37.
Dalam mendesain alat
percobaan sederhana, guru hendaknya memperhatikan kelayakan penggunaan alat
peraga tersebut. Adapun pertimbangan yang dilakukan guru dalam pemilihan alat
peraga adalah ....
1. alat peraga tersedia di lingkungan sekolah / tempat tinggal
siswa
2. alat peraga muda / tidak rumit digunakan
3. semua siswa harus terampil menggunakanny
38.
Pembelajaran terintegrasi
adalah pembelajaran yang ....
1. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3. mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu
39.
Pembelajaran terintegrasi
untuk siswa SD kelas rendah dapat digunakan tema "Gosok Gigi".
Pembelajaran terintegrasi tersebut merupakan keterkaitan antar konsep dan mata
pelajaran ....
1. Bahasa Indonesia
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3. Ekonomi
40.
Pengukuran keberhasilan
seseorang dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan alat
ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut dapat diukur tidak hanya
berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak penguasaan
terhadap jenjang ....
1. Proses berfikir
2. Pengembangan kepribadian
3. Kemampuan keterampilan
41.
Evaluasi proses adalah
pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1. mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2. mengukur kemampuan kognitif siswa
3. mengetahui kesulitan
peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
42.
Contoh alat evaluasi
proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah
....
1. Mengukur suhu air dengan
menggunakan thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2. Memegang anak timbangan
dengan tangan secara langsung
3. Mengenali bau sampah
akibat proses pembusukkan bahan organik
43.
Pelaksanaan evaluasi hasil
belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis
lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan ....
1. dapat mencakup banyak
siswa
2. waktu yang digunakan
lebih sedikit
3. mempunyai kesempatan
memperoleh pertanyaan yang sama untuk semua peserta didik
44.
Penerapan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....
1. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
45.
Pengembangan KTSP ditujukan
untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Dasar pengembangannya adalah ....
1. adanya kebutuhan dan
kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan
2. memberi pengalaman pada
peserta didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni
3. kepentingan pemerintah
pusat dan daerah untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara
46.
Dalam penyusunan KTSP
memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya. Komponen-komponen
tersebut antara lain adalah ....
1. Merumuskan misi sekolah
2. Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3. Tujuan satuan pendidikan
47.
Dalam mengembangkan
rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,
langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru antara lain adalah
....
1. mengkaji kompetensi
dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar
antar mata pelajaran
2. mengkaji kompetensi
dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar
dalam mata pelajaran
3. mengidentifikasi materi
pokok dengan mempertimbangkan potensi peserta didik
48.
Materi essensial kelas IV
diantaranya adalah lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu
bahasan yang dapat dipilih guru adalah pencemaran air. Rancangan pembelajaran
yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....
1. mengajak siswa mengamati
saluran air di sekitar sekolah
2. mempertunjukkan
gambar-gambar film tentang sungai yang berwarna kelam dan sungai yang bersih
3. mengamati gambar
mencairnya gunung es akibat panas yang tinggi
49.
Dalam menyajikan
pembelajaran IPA kelas V tentang Lingkungan Sehat, metoda yang dapat dipilih
guru antar lain adalah ....
1. kunjungan lapangan /
observasi di daerah sekitar sekolah
2. eksperimen / demonstrasi
di kelas tentang uji kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3. ceramah dan tanya jawab
tentang gambar-gambar lingkungan sehat
50.
Pembelajaran IPA di SD
dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru merancang pembelajaran
dengan menggunakan alat peraga rangkaian listrik sederhana seperti logam dasar,
kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang
dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah
1. konduktor dan isolator
2. rangkaian listrik seri dan parallel
3. rangkaian tertutup