Tes Pemahaman Ketrampilan
Proses
Nama : ………………
NIM :………………..
Petunjuk 1
Pertanyaan
1-10: cocokan setiap istilah pada kolom 1 pada tabel 1 dengan defenisi yang
sesuai pada kolom 2 pada tabel 1 dengan cara menuliskan abjad yang ada pada kolom
2 pada tempat yang disediakan di kolom 1. Perhatikan bahwa kolom 2 memiliki lebih
banyak definisi daripada yang anda butuhkan.
Tabel 1
Kolom
1
|
Kolom
2
|
1. ……
Data
2. ……
Variabel
3. ……Merencanakan
sebuah eksperimen
4. ……Pertanyaani
lmiah
5. ……Definisi
operasional
6. ……Menarik
kesimpulan
7. ……Eksperimen
8. ……Menafsirkan
data
9. ……Hipotesis
10. ……Mengontrolvariabel
|
a. Setiap
faktor yang dapat berubah dalam sebuah eksperimen
b. Sebuah
tes yang hati-hati dan terencana atas sebuah hipotesis
c. Sebuah
pertanyaan yang mendeskripsikan bagaimana sebuah variable tertentu diukur,
atau bagaimana sebuah istilah didefinisikan
d. Membandingkan
sebuah objek atau proses terhadap suatus tandar
e. Informasi
yang dikumpulkan melalui pengamatan dan pengukuran
f. Menjaga
semua kondisi yang berhubungan dengan sebuah eksperimen agar tetap sama
kecuali untuk variabel yang dimanipulasi
g. Sebuah
pertanyaan tentang peristiwa alam yang dapat dijawab dengan cara mengumpulkan
bukti-bukti
h. Menemukan
makna yang ada di dalam data dengan cara mencari pola atau kecenderungan
i.
Membuat sebuah
rencana yang hati-hati dan lengkap untuk menguji sebuah hipotesis
j.
Membuat sebuah
pernyataan yang merupakan suatu rangkuman tentang apa yang sudah Anda
pelajari dari sebuah eksperimen
k. Menggunakan
satu atau lebih dari lima indera untuk mengumppulkan informasi tentang dunia
l.
Sebuah kemungkinan
penjelasan yang dites dengan sebuah eksperimen
|
Petunjuk 2
Pertanyaan
11-20: kolom 1 di bawah ini mendeskripsikan langkah-langkah yang mungkin terjadi
sebelum, selama, atau setelah sebuah eksperimen dilakukan. Kolom 2
mendeskripsikan sebuah eksperimen tertentu. Pada garis di kolom 1, tuliskan abjad
dari kolom 2 yang cocok dengan deskripsi yang ada di kolom 1. Beberapa butir di
kolom 1 dapat memilih lebih dari satu jawaban yang cocok dari kolom 2.
Tabel 1
Kolom
1
|
Kolom
2
|
11. ……Kesimpulan
12. ……Mengontrol
variabel
13. ……Hipotesis
14. ……Menafsirkan
data
15. ……Alat
dan bahan
16. ……Pengamatan
17. ……Definisi
operasional
18. ……Prosedur
19. ……Pertanyaan
ilmiah yang mengarahkan pada suatu eksperimen
|
A. Sayuti
ikut orang tuanya yang sedang tugas belajar ke Eropa. Pada saat musim dingin,
Sayuti, yang tinggal dekat danau, mengunjungi temannya Roni, yang tinggal dekat
laut. Sayuti terkejut melihat bahwa air laut tidak memiliki es di atasnya,
sedangkan danau dekat rumahnya ditutupi oleh es yang tebal.
B. Sayuti
menanyakan, “Mengapa air laut tidak memiliki es di atasnya, sedangkan pada saat
yang sama air danau memiliki es?”
C. Roni
menjawab “danau berisi air tawar di dalamnya. Air laut berisi banyak garam.
Garam ini menyebabkan air membeku pada suhu yang lebih rendah. Saya mengetahui
hal ini karena saya melakukan ekpserimen ini di sekolah saya.”’
D. Sayuti
berkata, “Saya heran mengapa hal ini terjadi. Apakah hal ini hanya terjadi pada
garam? Apakah hal yang sama terjadi dengan gula.”
E. Sayuti
dan Roni memutuskan untuk menguji ide ini, sehingga mereka menulis: ”Jika air
mengandung gula, maka air tersebut akan membeku pada temperature lebih rendah
dibandingkan dengan air tanpa gula.”
F. Mereka
menuliskan rencana seperti berikut ini:
a. Mengisi
wadah a dan wadah b dengan air keran
b. Melarutkan
15 gram gula kedalam wadah a
c. Menempatkan
kedua wadah itu di dalam freezer pada suhu -1oC
d. Membiarkan
kedua wadah itu di dalam freezer selama 24 jam, dan kemudian mengamati kedua wadah
itu
G. Mereka
menuliskan sebuah daftar berisi apa yang akan mereka perlukan: 2 wadah plastik,
air keran, 15 gram gula, 2 pengaduk kayu, lemari es yang dilengkapi freezer.
H. Dalam
catatan mereka, mereka menulis: ”kedua wadah harus terbuat dari bahan yang
sama dan memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Jumlah air juga harus dibuat sama.”
I. Mereka
memutuskan bahwa jika mereka memiringkan wadah dan melihat ada gerakan yang
terjadi di dalam air, hal ini menunjukan airnya belum membeku. Jika mereka memiringkan
wadah dan mereka mengamati tidak ada perubahan di dalam air itu, hal ini menunjukan
airnya membeku.
J. Setelah
24 jam, Sayuti dan Ron imemiringkan kedua wadah itu. Mereka melihat bahwa isi
wadah A mengalir ketika mereka memiringkan wadah itu. Wadah B tidak bergerak ketika
mereka memiringkan wadah itu.
K. Mereka
menulis, “air tanpa gula membeku. Air dengan gula yang dilarutkan di dalamnya
tidak membeku.”
L. Mereka
menulis, “air yang mengandung gula membeku pada suhu lebih rendah dibandingkan
air tanpa gula.”
M. Mereka
kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini:”Sampai seberapa dingin sebelum
air gula atau air garam akan membeku? Apakah banyak gula atau garam di dalam
air berpengaruh? Mengapa gula atau garam yang ada di dalam air mengubah cara
air membeku?.
|