Sabtu, 10 Mei 2014

TUGAS IPA 2 UT

Tes Pemahaman Ketrampilan Proses
Nama  : ………………
NIM    :………………..
Petunjuk 1
Pertanyaan 1-10: cocokan setiap istilah pada kolom 1 pada tabel 1 dengan defenisi yang sesuai pada kolom 2 pada tabel 1 dengan cara menuliskan abjad yang ada pada kolom 2 pada tempat yang disediakan di kolom 1. Perhatikan bahwa kolom 2 memiliki lebih banyak definisi daripada yang anda butuhkan.
Tabel 1
Kolom 1
Kolom 2
1.      …… Data
2.      …… Variabel
3.      ……Merencanakan sebuah eksperimen
4.      ……Pertanyaani lmiah
5.      ……Definisi operasional
6.      ……Menarik kesimpulan
7.      ……Eksperimen
8.      ……Menafsirkan data
9.      ……Hipotesis
10.  ……Mengontrolvariabel

a.       Setiap faktor yang dapat berubah dalam sebuah eksperimen
b.      Sebuah tes yang hati-hati dan terencana atas sebuah hipotesis
c.       Sebuah pertanyaan yang mendeskripsikan bagaimana sebuah variable tertentu diukur, atau bagaimana sebuah istilah didefinisikan
d.      Membandingkan sebuah objek atau proses terhadap suatus tandar
e.       Informasi yang dikumpulkan melalui pengamatan dan pengukuran
f.       Menjaga semua kondisi yang berhubungan dengan sebuah eksperimen agar tetap sama kecuali untuk variabel yang dimanipulasi
g.      Sebuah pertanyaan tentang peristiwa alam yang dapat dijawab dengan cara mengumpulkan bukti-bukti
h.      Menemukan makna yang ada di dalam data dengan cara mencari pola atau kecenderungan
i.        Membuat sebuah rencana yang hati-hati dan lengkap untuk menguji sebuah hipotesis
j.        Membuat sebuah pernyataan yang merupakan suatu rangkuman tentang apa yang sudah Anda pelajari dari sebuah eksperimen
k.      Menggunakan satu atau lebih dari lima indera untuk mengumppulkan informasi tentang dunia
l.        Sebuah kemungkinan penjelasan yang dites dengan sebuah eksperimen


Petunjuk 2
Pertanyaan 11-20: kolom 1 di bawah ini mendeskripsikan langkah-langkah yang mungkin terjadi sebelum, selama, atau setelah sebuah eksperimen dilakukan. Kolom 2 mendeskripsikan sebuah eksperimen tertentu. Pada garis di kolom 1, tuliskan abjad dari kolom 2 yang cocok dengan deskripsi yang ada di kolom 1. Beberapa butir di kolom 1 dapat memilih lebih dari satu jawaban yang cocok dari kolom 2.
Tabel 1
Kolom 1
Kolom 2
11.  ……Kesimpulan
12.  ……Mengontrol variabel
13.  ……Hipotesis
14.  ……Menafsirkan data
15.  ……Alat dan bahan
16.  ……Pengamatan
17.  ……Definisi operasional
18.  ……Prosedur
19.  ……Pertanyaan ilmiah yang mengarahkan pada suatu eksperimen
20.  ……Pertanyaan ilmiah yang dihasilkan dari sebuah eksperimen

A.   Sayuti ikut orang tuanya yang sedang tugas belajar ke Eropa. Pada saat musim dingin, Sayuti, yang tinggal dekat danau, mengunjungi temannya Roni, yang tinggal dekat laut. Sayuti terkejut melihat bahwa air laut tidak memiliki es di atasnya, sedangkan danau dekat rumahnya ditutupi oleh es yang tebal.
B.   Sayuti menanyakan, “Mengapa air laut tidak memiliki es di atasnya, sedangkan pada saat yang sama air danau memiliki es?”
C.   Roni menjawab “danau berisi air tawar di dalamnya. Air laut berisi banyak garam. Garam ini menyebabkan air membeku pada suhu yang lebih rendah. Saya mengetahui hal ini karena saya melakukan ekpserimen ini di sekolah saya.”’
D.   Sayuti berkata, “Saya heran mengapa hal ini terjadi. Apakah hal ini hanya terjadi pada garam? Apakah hal yang sama terjadi dengan gula.”
E.    Sayuti dan Roni memutuskan untuk menguji ide ini, sehingga mereka menulis: ”Jika air mengandung gula, maka air tersebut akan membeku pada temperature lebih rendah dibandingkan dengan air tanpa gula.”
F.    Mereka menuliskan rencana seperti berikut ini:
a.    Mengisi wadah a dan wadah b dengan air keran
b.    Melarutkan 15 gram gula kedalam wadah a
c.    Menempatkan kedua wadah itu di dalam freezer pada suhu -1oC
d.   Membiarkan kedua wadah itu di dalam freezer selama 24 jam, dan kemudian mengamati kedua wadah itu
G.   Mereka menuliskan sebuah daftar berisi apa yang akan mereka perlukan: 2 wadah plastik, air keran, 15 gram gula, 2 pengaduk kayu, lemari es yang dilengkapi freezer.
H.   Dalam catatan mereka, mereka menulis: ”kedua wadah harus terbuat dari bahan yang sama dan memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Jumlah air juga harus dibuat sama.”
I.      Mereka memutuskan bahwa jika mereka memiringkan wadah dan melihat ada gerakan yang terjadi di dalam air, hal ini menunjukan airnya belum membeku. Jika mereka memiringkan wadah dan mereka mengamati tidak ada perubahan di dalam air itu, hal ini menunjukan airnya membeku.
J.      Setelah 24 jam, Sayuti dan Ron imemiringkan kedua wadah itu. Mereka melihat bahwa isi wadah A mengalir ketika mereka memiringkan wadah itu. Wadah B tidak bergerak ketika mereka memiringkan wadah itu.
K.   Mereka menulis, “air tanpa gula membeku. Air dengan gula yang dilarutkan di dalamnya tidak membeku.”
L.    Mereka menulis, “air yang mengandung gula membeku pada suhu lebih rendah dibandingkan air tanpa gula.”
M.  Mereka kemudian mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini:”Sampai seberapa dingin sebelum air gula atau air garam akan membeku? Apakah banyak gula atau garam di dalam air berpengaruh? Mengapa gula atau garam yang ada di dalam air mengubah cara air membeku?.