SOAL TUGAS III
NAMA :
NIM :
KELAS :
Petunjuk :
1.
Tulis jawaban A, B, C, D dan E dengan ketentuan sebagai berikut :
A. Jika 1, 2 dan 3 benar
B. Jika 1 dan 3 benar
C. Jika 2 dan 4 benar
D. Jika hanya 4 yang benar
E.
Jika semua 1, 2, 3 dan 4 benar
2.
Tuliskan penjelasan yang relevan dengan alasan pilihan jawaban
Saudara !
3.
Diperkenankan menggunakan lembar lain untuk penjelasan.
Soal :
1. Pembelajaran terintegrasi adalah pembelajaran yang ....
1. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3. mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu
4. pembelajaran holistic yang mengkaitkan konsep-konsep yang
menghubungkan dengan dunia nyata sehingga memberi makna
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD dapat digunakan
tema "Asyiknya Berbudidaya Serangga". Pembelajaran terintegrasi
tersebut merupakan keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1. Bahasa Indonesia
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3.Seni dan Budaya
4. Matematika
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran
dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang
tersebut dapat diukur tidak hanya berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi
berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1. proses berfikir
2. pengembangan kepribadian
3. kemampuan keterampilan
4. ketrampilan mengamati
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Evaluasi proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk
....
1. mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2. mengukur kemampuan kognitif siswa
3. mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai tujuan
pembelajaran
4. mengukur perkembangan kepribadian
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah ....
1. Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer yang
ditempelken pada alat penahan
2. Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3. Mengenali bau sampah akibat proses pembusukkan bahan organic
4. Mengecap bahan yang tidak diketahui jenisnya.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.
Bu Tini menerapkan pembelajaran terpadu
interdisiplin ilmu dengan mengangkat topik listrik sebagai topic utama.
Pertanyaan yang mungkin diajukan Bu Tini dalam kaitannya dengan berbagai
disiplin ilmu adalah….
1.
Berapa daya listrik yang
digunakan keluarga Tomi ?
2.
Berapa besar uang yang
harus dibayarkan tiap bulan oleh keluarga Tomi ?
3.
Bagaimana membuat rangkaian
listrik yang menyebabkan penghematan biaya listrik ?
4.
Bagaimana perubahan
kehidupan masyarakat dengan adanya listrik ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7.
Pelaksanaan evaluasi
hasil belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes
tertulis lebih sering dipilih guru dengan pertimbangan ....
1. dapat mencakup banyak siswa
2. waktu yang digunakan lebih sedikit
3. mempunyai kesempatan memperoleh pertanyaan yang sama untuk
semua peserta didik
4. dapat meliputi untuk semua jenis jenjang kognitif
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8. Ranah
apa saja yang paling banyak dikembangkan ketika seorang siswa diberi tugas
untuk menimbang berat sejumlah air ?
1.
Afektif
2.
Kognitif
3.
Pskomotorik
4.
Ketrampilan berpikir
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9. Beberapa kelemahan dari pembelajaran
terintegrasi adalah ….
1.
Sulit dalam melakukan
evaluasi materi yang disampaikan
2.
Kurang efektif dalam
engembangkan kemampuan dan ketrampilan yang dituntut kurikulum
3.
Bila guru tidak menguasai
konsep, cenderung materi pengetahuan disajikan secara dangkal
4.
Pembelajaran harus
dilaksanakan secara team teaching.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
10.
Perhatikan contoh soal
berikut :
Peristiwa kapilaritas
terjadi pada ….
a.
Kompor gas
b.
Setrika
c.
Kompor minyak
d.
Kompor listrik
Berdasarkan soal tersebut, hasil telaah soal yang
sesuai adalah….
1.
Pokok soal kurang jelas,
karena tidak jelas masalah apa yang ditanyakan.
2.
Soal sudah komunikatif,
karena dapat ditebak jawabannya yaitu c.
3.
Pilihan jawaban tidak
homogen, karena menggunakan kata setrika pada pilihan b, sedangkan yang lain
menggunakan kata kompor.
4.
Soal menyebabkan siswa
menduga-duga jawaban.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Selamat
Mengerjakan