Minggu, 18 Mei 2014

TUGAS IPA KE III



SOAL TUGAS III

NAMA         :
NIM            :
KELAS        :

Petunjuk :
1.    Tulis jawaban A, B, C, D dan E dengan ketentuan sebagai berikut :
A.  Jika 1, 2 dan 3 benar
B.  Jika 1 dan 3 benar
C.  Jika 2 dan 4 benar
D.  Jika hanya 4 yang benar
E.   Jika semua 1, 2, 3 dan 4 benar
2.    Tuliskan penjelasan yang relevan dengan alasan pilihan jawaban Saudara !
3.    Diperkenankan menggunakan lembar lain untuk penjelasan.

Soal :
1. Pembelajaran terintegrasi adalah pembelajaran yang ....
1. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3. mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu
4. pembelajaran holistic yang mengkaitkan konsep-konsep yang menghubungkan dengan dunia nyata sehingga memberi makna
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

2.  Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD dapat digunakan tema "Asyiknya Berbudidaya Serangga". Pembelajaran terintegrasi tersebut merupakan keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1. Bahasa Indonesia
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3.Seni dan Budaya
4. Matematika
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.  Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut dapat diukur tidak hanya berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1. proses berfikir
2. pengembangan kepribadian
3. kemampuan keterampilan
4. ketrampilan mengamati
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Evaluasi proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1. mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2. mengukur kemampuan kognitif siswa
3. mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
4. mengukur perkembangan kepribadian
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.  Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah ....
1. Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2. Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3. Mengenali bau sampah akibat proses pembusukkan bahan organic
4. Mengecap bahan yang tidak diketahui jenisnya.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.  Bu Tini menerapkan pembelajaran terpadu interdisiplin ilmu dengan mengangkat topik listrik sebagai topic utama. Pertanyaan yang mungkin diajukan Bu Tini dalam kaitannya dengan berbagai disiplin ilmu adalah….
1.   Berapa daya listrik yang digunakan keluarga Tomi ?
2.   Berapa besar uang yang harus dibayarkan tiap bulan oleh keluarga Tomi ?
3.   Bagaimana membuat rangkaian listrik yang menyebabkan penghematan biaya listrik ?
4.   Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat dengan adanya listrik ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7.  Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih sering dipilih guru dengan pertimbangan ....
1. dapat mencakup banyak siswa
2. waktu yang digunakan lebih sedikit
3. mempunyai kesempatan memperoleh pertanyaan yang sama untuk semua peserta didik
4. dapat meliputi untuk semua jenis jenjang kognitif
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8. Ranah apa saja yang paling banyak dikembangkan ketika seorang siswa diberi tugas untuk menimbang berat sejumlah air ?
1.   Afektif
2.   Kognitif
3.   Pskomotorik
4.   Ketrampilan berpikir
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9.  Beberapa kelemahan dari pembelajaran terintegrasi adalah ….
1.   Sulit dalam melakukan evaluasi materi yang disampaikan
2.   Kurang efektif dalam engembangkan kemampuan dan ketrampilan yang dituntut kurikulum
3.   Bila guru tidak menguasai konsep, cenderung materi pengetahuan disajikan secara dangkal
4.   Pembelajaran harus dilaksanakan secara team teaching.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
10.        Perhatikan contoh soal berikut :
Peristiwa kapilaritas terjadi pada ….
a.   Kompor gas
b.   Setrika
c.   Kompor minyak
d.   Kompor listrik
Berdasarkan soal tersebut, hasil telaah soal yang sesuai adalah….
1.   Pokok soal kurang jelas, karena tidak jelas masalah apa yang ditanyakan.
2.   Soal sudah komunikatif, karena dapat ditebak jawabannya yaitu c.
3.   Pilihan jawaban tidak homogen, karena menggunakan kata setrika pada pilihan b, sedangkan yang lain menggunakan kata kompor.
4.   Soal menyebabkan siswa menduga-duga jawaban.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Selamat Mengerjakan